• Mon. Jul 15th, 2024

Aplikasi Cek Bansos PKH, Prakerja, BSU, BLT Kemensos 2023

BySudiati

Mar 6, 2023

Aplikasi Cek Bantuan Sosial – Di tengah kesulitan ekonomi yang dialami sebagian masyarakat Indonesia, terutama yang terdampak pandemi. Maka Pemerintah bersama Kementerian Sosial terus menggencarkan Bantuan Sosial untuk membantu pemulihan ekonomi Indonesia yang dapat dicek di Aplikasi Periksa Bantuan Sosial.

Mengingat banyak karyawan atau pemberi kerja yang terpaksa berhenti dari pekerjaannya akibat dampak pandemi beberapa tahun terakhir. Akibatnya, daya beli masyarakat menurun dan sirkulasi ekonomi menjadi terganggu. Untuk itu, Pemerintah memberikan berbagai Bantuan Sosial untuk memulihkan Perekonomian.

Kenali Aplikasi Cek Bansos 2023

Baru-baru ini Kementerian Sosial (KEMENSOS) merilis Aplikasi Cek Bansos yang dapat digunakan masyarakat Indonesia. Untuk memeriksa apakah mereka berhak atas bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah Indonesia.

Dalam aplikasi ini Anda dapat dengan mudah melihat jadwal penerimaan dan mengecek apakah bantuan yang Anda terima dapat dicairkan atau tidak. Dan Anda juga bisa melihat jenis bansos apa saja yang berhak Anda terima. Misalnya BLT Minyak Goreng, BLT Dana Desa, Prakerja, Bantuan Pangan BPNT, PKH dan sebagainya.

Dengan diluncurkannya aplikasi ini diharapkan dapat mengurangi praktik penipuan yang dilakukan oleh sejumlah oknum. Apa yang membuat Anda tidak tahu jika Anda adalah salah satu penerima bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah Indonesia.

Yang mana hal seperti ini sudah banyak terdengar di berbagai daerah, untuk itu anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk memastikannya. Bukan sekadar mengecek apakah Anda penerima bansos atau bukan. Namun, Anda juga dapat mengambil tindakan pencegahan jika Anda mengetahui bahwa seseorang tidak berhak mendapatkan Bantuan Sosial.

Anda dapat mengajukan keberatan jika merasa telah menemukan individu yang tidak layak menjadi penerima bansos atau bansos. Jadi, Anda juga bisa mengajukan diri atau keluarga Anda menjadi penerima bansos yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya.

Namun Anda juga tidak boleh egois, perhatikan dulu dan hargai diri Anda dan keluarga mulai dari penghasilan dan pengeluaran Anda, apakah penghasilan Anda besar. Jika demikian, maka Anda tidak berhak mendapatkan bansos, namun jika Anda adalah orang yang berpenghasilan kecil dan memiliki banyak tanggungan, maka Anda mungkin cocok sebagai penerima Bansos.

Untuk hal seperti inilah Aplikasi Cek Bansos sangat penting untuk diberikan kepada masyarakat. Diharapkan aplikasi ini menjadi solusi agar bansos benar-benar sampai ke masyarakat atau keluarga yang membutuhkan dan tidak disalahgunakan oleh oknum-oknum yang nakal.

Jenis Bansos di Aplikasi Cek Bansos Kemensos.go.id Terbaru

Jenis Bantuan Sosial Pemerintah Bantuan Sosial

Sebagai admin Ayovacsindinkeskdi.id sudah dijelaskan diatas jika jenis bansos yang bisa anda cek di aplikasi Aplikasi Cek Bantuan Sosial itu lengkap. Jadi, Anda juga perlu mengetahui jenis bansos pemerintah yang bisa Anda terima manfaatnya. Berikut jenis-jenis bantuan sosial.

1. Aplikasi Cek Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH)

PKH atau bantuan keluarga diberikan kepada masyarakat Indonesia berdasarkan data dari keluarga miskin (KM) yang tentunya dilengkapi dengan syarat-syarat tertentu. Berbeda dengan bantuan sosial lainnya yang memiliki nilai bantuan yang sama. Sehingga bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) memiliki jumlah bantuan yang berbeda.

Berdasarkan data Kementerian Sosial, besaran bantuan yang bisa diterima masyarakat atau satu keluarga berbeda-beda. Tergantung pada beberapa faktor seperti anak usia dini, disabilitasibu hamil, lansia, serta anak-anak SD, SMP, dan SMA yang kisaran jumlah yang diterima berkisar antara 900 ribu rupiah hingga 2,4 juta rupiah.

Bantuan ini diberikan setiap tahun dengan jangka waktu pencairan sekitar satu bulan atau sampai tiga bulan sekali. Bantuan ini juga dihitung untuk satu keluarga dengan jumlah maksimal 4 orang atau 4 anggota keluarga.

2. Aplikasi Cek Bansos Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja merupakan salah satu bantuan sosial berupa dana sebesar 2,4 juta rupiah yang akan disalurkan selama 4 bulan terhitung sejak Anda menyelesaikan pelatihan keterampilan yang Anda pilih. Kartu Prakerja telah diterbitkan sebelum pandemi berlangsung dengan tujuan untuk perbaikan keterampilan anggotanya.

Tujuan awal dikeluarkannya Kartu Prakerja oleh pemerintah adalah untuk perbaikan keterampilan masyarakat melalui pelatihan yang diberikan oleh orang atau startup profesional tergantung minat masing-masing pendaftar. Kartu Prakerja sebenarnya khusus untuk para pengangguran. Mereka yang belum mendapat pekerjaan sehingga ketika mencari pekerjaan mereka sudah memilikinya keterampilan.

Untuk mendaftarkan diri Anda pada Kartu Prakerja, Anda harus memenuhi persyaratan tertentu. Misalnya, jika Anda belum atau belum menerima tunjangan bantuan sosial lainnya, tidak memiliki pekerjaan, memiliki tanggungan keluarga, terkena dampak Covid 19, dan Anda adalah orang yang tidak pernah bekerja.

Jika kondisi tersebut terpenuhi, maka sebelum Anda menerima bantuan atau sejumlah uang tersebut di atas. Maka Anda perlu melakukan pelatihan sesuai dengan yang Anda pilih terlebih dahulu.

3. Aplikasi Cek Bansos Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Jenis aplikasi Cek Bansos ini diberikan kepada masyarakat berupa bahan makanan seperti beras, telur, minyak goreng, buah dan lain-lain yang nilainya setara dengan 200 ribu rupiah setiap pencairannya, atau sebesar 2,4 juta rupiah per tahun.

Jenis bansos ini unik, yaitu sembako yang akan diterima masyarakat dibeli dari penjual sembako yaitu E-Warung. Atau bank yang bekerja sama dengan Kementerian Sosial dengan tujuan agar warung-warung tersebut juga bisa mendapatkan manfaat dari bantuan ini.

4. Aplikasi Cek Bansos Bantuan Tunai Minyak Goreng

Bantuan minyak goreng atau BLT ini diberikan oleh masyarakat mulai dari libur lebaran tahun 2023 dengan nominal sebesar 300 ribu rupiah yang disalurkan sebanyak 100 ribu rupiah per bulan. Dan sasaran bantuan ini adalah 20,65 juta keluarga kurang mampu di Indonesia.

Agar bansos ini tepat sasaran, Tri Rismaharini selaku Menteri Sosial sudah memastikan. Jika penerima bantuan ini sesuai dengan DTKS atau data terpadu kesejahteraan sosial milik Kementerian Sosial yang telah divalidasi.

5. Aplikasi Cek Bansos BLT Dana Desa

Bantuan Langsung Tunai Dana Desa memiliki karakteristik bantuan tunai yang akan diterima langsung oleh masyarakat miskin di Indonesia yang mengacu pada Buku Panduan Pendataan BLT Dana Desa.

Jenis aplikasi Cek Bansos ini juga bertujuan untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi covid-19 dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Besaran bantuan yang bisa diterima masyarakat adalah 300 ribu per keluarga.

Bagaimana Cara Cek Penerima BLT di Aplikasi Cek Bansos yang Benar?

Cara Cek Penerima BLT di Aplikasi Cek Bansos

Jika anda sudah mengetahui apa itu Aplikasi Cek Bansos gunakanlah aplikasi ini. Maka Anda perlu melakukan beberapa langkah yang telah kami tulis dan Anda dapat mengikutinya di bawah ini.

  1. Untuk langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah mendownload “Aplikasi Cek Bansos” dalam Play Store.
  2. Atau kamu bisa klik >>> “DI SINI” untuk segera mendownload Aplikasi Cek Bansos 2023 Terbaru.
  3. Kemudian buka aplikasi dan “Buat Akun” Pertama.
  4. Di sini Anda akan diminta untuk mengisi “No KTP”, “No.KK”dan data lain yang diminta.
  5. Anda juga akan diminta untuk melakukannya “Foto Sendiri” atau “Selfies” Sambil memegang KTP. Lalu klik “Buat Akun”.
  6. Pendaftaran paling lambat selesai “Tiga hari” sejak Anda mendaftar.
  7. Jika itu bekerja “Divalidasi” maka Anda dapat membuka aplikasi ini lagi.
  8. Kemudian periksa apakah Anda berhak menerimanya “Asisten sosial” yang ada.

Nah, itulah langkah-langkah untuk melakukan pendaftaran dan pengecekan Aplikasi Cek Bantuan Sosial. Apakah Anda berhak mendapatkan bantuan sosial yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah dan juga Kementerian Sosial?

Berita Penting Lainnya:

By Sudiati