• Tue. Jul 16th, 2024

Cara Cek Bantuan STB Pemerintah Dari Kominfo Go Id 2023

BySudiati

May 26, 2023

Periksa Bantuan STB – Saat ini kemajuan teknologi telah menyebar luas ke berbagai daerah, termasuk Indonesia. Bahkan pemerintah Indonesia mengharapkan pemanfaatan teknologi untuk berbagai daerah.

Salah satu cara untuk menyebarkan penggunaan teknologi adalah dengan mendistribusikan STB (Set Top Box). STB sendiri merupakan peralatan atau perangkat yang memiliki fungsi untuk menerima atau menangkap sinyal televisi.

Dengan adanya program penggunaan STB gratis ini akan memungkinkan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan tayangan atau siaran TV yang lebih baik dibandingkan dengan menggunakan TV analog biasa.

Nah bagi masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan STB gratis dari Kemenkominfo sebaiknya membaca informasi lebih lengkap dari ayovaksindinkeskdi.id atau bisa langsung membaca artikel berikut ini.

Program Kominfo Bagikan STB Gratis

Saat ini Kementerian Komunikasi dan Informatika sedang menyalurkan bantuan STB secara gratis. Seperti diketahui, per November ini merupakan tahap akhir pengalihan program TV analog ke TV Digital.

Dengan begitu, masyarakat Indonesia di berbagai daerah tidak lagi bisa menonton siaran TV menggunakan jaringan analog. Masyarakat hanya bisa menonton siaran TV dengan menggunakan STB saja.

Kini, untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu yang beralih dari TV analog ke TV digital, Kominfo bekerja sama dengan lembaga penyiaran untuk mendistribusikan perangkat STB secara gratis.

Namun Anda juga perlu mengetahui apa saja syarat untuk menerima STB gratis ini dan bagaimana cara mendaftar atau mengecek bantuan STB ini?

STB gratis hanya diperuntukkan bagi mereka yang termasuk dalam kategori Rumah Tangga Miskin dan namanya telah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Untuk memudahkan informasi terkait bantuan ini, Kominfo telah menyiapkan situs online untuk pengecekan penerima bantuan STB. Sehingga masyarakat bisa langsung mengecek nama-nama penerima bantuan STB dari Kemenkominfo hanya dengan menggunakan Smartphone.

Anda hanya perlu memasukkan NIK yang tertera pada KTP di situs tersebut checkhelpstb.kominfo.go.iddari situs ini anda bisa langsung mengetahui apakah anda penerima bantuan STB atau bukan.

Penyaluran STB Gratis di Jabodetabek

Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari situs resminya, pada akhir November Kominfo menyalurkan lebih dari 1 juta unit bantuan STB kepada Rumah Tangga Miskin (RTM).

Dari jumlah tersebut, Kemenkominfo menargetkan penyaluran ke wilayah Jabodetabek sekitar 400 ribu unit dan telah berhasil menyalurkan STB sebanyak 473.308 unit dan terdapat sekitar 60.791 RTM yang tidak memenuhi syarat penerima STB.

Calon penerima bantuan STB harus terdaftar di desil 1 data Percepatan Penargetan Penanggulangan Kemiskinan Ekstrim (P3KE). Sedangkan untuk Provinsi DKI Jakarta baru RTM yang terdaftar pada lembar data desil 1 untuk Provinsi DKI Jakarta.

Cara mengajukan bantuan STB gratis dari Kominfo

Cara mengajukan bantuan STB gratis dari Kominfo

Bagi Anda yang termasuk dalam penerima RTM bantuan STB gratis, namun masih mengalami kendala hingga tanggal 2 November 2023, maka Anda dapat langsung melakukan pengaduan.

RTM yang membutuhkan bantuan program STB gratis dapat mengajukan pengaduan secara mandiri dengan menghubungi call center 159 atau nomor telepon Posko Penanganan Cepat STB Assist terdekat.

Berikut cara mengajukan atau mendaftar program pendampingan STB secara mandiri.

  • Langkah pertama buka aplikasi web browser di hp anda, anda bisa menggunakan aplikasi google chrome.
  • Di halaman utama buka situs bantuan stb dengan mengetik di bidang URL.
  • Setelah masuk isikan NIK dan kode captcha pada kolom yang disediakan,
  • Lalu klik Mencari.
  • Jika Anda tidak terdaftar sebagai penerima bantuan STB gratis, maka pastikan kembali dengan menghubungi 159 atau datang langsung ke lokasi Posko Penanganan Cepat Bantuan STB dengan membawa KTP dan KK asli.

Cara Cek Daftar Nama Penerima STB Aid

Cara Cek Daftar Nama Penerima STB Aid

Setelah Anda berhasil mendaftar, Anda juga perlu mengetahui cara mengecek apakah Anda benar-benar terdaftar atau tidak.

  • Masuk ke situs checkhelpstb.kominfo.go.id menggunakan browser di HP.
  • Kemudian Masukkan Nomor Induk Penduduk (KTP) Anda.
  • Jangan lupa untuk memasukkannya juga Kode captcha pada kolom yang disediakan.
  • Selanjutnya pilih tombol Mencari.

Jika sudah, maka akan terlihat tampilan informasi yang sesuai dengan nomor NIK KTP yang telah Anda masukkan, apakah Anda sudah terdaftar sebagai penerima bantuan STB atau belum.

Selanjutnya, jika Anda masih belum mendapatkan bantuan, mungkin ada kesalahan saat menginput nomor NIK Anda, atau Anda tidak termasuk sebagai penerima bantuan Set Top Box. Untuk itu, mari kita lihat siapa saja yang berhak menerima program STB berikut ini.

Siapa yang Berhak Menerima STB Gratis?

Siapa yang Berhak Menerima STB Gratis?

Dalam rangka pengalihan penggunaan TV analog menjadi TV digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Badan Penyelenggara Multiplexing akan mendistribusikan alat bantu penyiaran TV yang disebut STB.

Masyarakat penerima manfaat yang dimaksud adalah orang yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial. Masyarakat yang sudah masuk pendataan tidak perlu melakukan registrasi ulang.

RTM atau Rumah Tangga Miskin adalah calon yang berhak menerima bantuan STB dan terdaftar dalam desil 1 data P3KE (Percepatan Penargetan Penanggulangan Kemiskinan Ekstrim).

Bagi calon penerima manfaat yang bermasalah penerimaannya dan belum mendapatkan pendaftaran sebagai penerima program STB sampai dengan batas waktu 2 November 2023, dapat langsung mengajukan pendaftaran mandiri melalui call center atau ke nomor telepon STB Assistance terdekat Penanganan Pos.

Layanan & Informasi Periksa Bantuan STB Gratis

Layanan & Informasi Periksa Bantuan STB Gratis

Berdasarkan informasi dari situs resmi Kominfo, disebutkan hingga saat ini lebih dari 1 juta unit STB telah dibagikan secara gratis.

Untuk wilayah Jabodetabek, Kominfo juga menyampaikan telah menyediakan lebih dari 473.308 unit Set Top Box yang tepat sasaran. Jumlah ini merupakan 98,7 persen dari total target 479.307 unit STB di wilayah Jabodetabek.

Kemudian, dari total calon penerima bantuan STB cuma-cuma, hanya 60.791 yang tidak memenuhi syarat dan dinyatakan gagal menerima uang tunai STB.

Masyarakat juga dapat langsung menghubungi kontak Kominfo jika memiliki pertanyaan seputar program pendampingan STB ke nomor telepon 159 atau chat WhatsApp menggunakan nomor 08118202208.

Penyaluran Penyaluran STB Gratis 2 November 2023

Setelah mengalami beberapa kali perubahan jadwal, akhirnya pemerintah memutuskan masyarakat harus bermigrasi dari menggunakan TV analog ke TV digital pada 2 November 2023.

Proses pergantian ini dilakukan secara bertahap untuk 222 kabupaten/kota di Indonesia. 9 diantaranya adalah wilayah di Jabodetabek dan 173 wilayah layanan non terestrial yang tidak mendapatkan sinyal TV analog.

Menurut Menkominfo, terdapat 514 kabupaten dan kota di Indonesia yang memenuhi syarat untuk mengalihkan siaran TV analog ke TV digital.

Demikian informasi cara pendaftaran dan pengecekan bantuan STB yang kami simpulkan berdasarkan website resmi Kominfo yaitu checkhelpstb.kominfo.go.id.

By Sudiati