Cara Mengendarai Mobil Listrik

Pembaca mungkin menemukan judul untuk bagian ini membingungkan dan sedikit mengkhawatirkan – sementara mobil listrik mungkin sangat berbeda dengan mobil bermesin pembakaran dalam banyak hal, tentunya mengendarai kendaraan listrik (EV) adalah pengalaman serupa, bukan perjalanan ke tempat yang tidak diketahui. ?

Ya, memang begitu – atau setidaknya bisa. Anda dapat dengan senang hati hidup dengan EV dengan melompat ke dalamnya, menekan tombol start, memilih drive (mobil listrik tidak memiliki gearbox konvensional), menekan pedal akselerator dan meluncur menjauh. Ini pada dasarnya seperti mengendarai mobil bensin atau diesel modern dengan gearbox otomatis.

Tetapi ada beberapa hal tentang mengendarai mobil listrik yang sedikit berbeda dari mobil bensin atau diesel konvensional, jadi berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat.

• Tertarik dengan mobil listrik tetapi tidak yakin apakah akan cocok? Coba langganan jangka pendek

Apakah hal ini aktif?

Salah satu perbedaan untuk membiasakan diri dengan EV adalah sepertinya tidak ada yang terjadi saat Anda menyalakannya – tekan tombol daya dan layar dasbor akan menyala tetapi tidak ada suara mesin.

Percepat menjauh dari istirahat dan Anda mungkin mendengar rengekan pelan saat mobil mulai bergerak. Dan kebisingan tidak menjadi lebih keras secara signifikan, baik di dalam maupun di luar sehingga, sebagai akibatnya, peraturan sekarang mengharuskan EV baru untuk mengeluarkan semacam suara peringatan untuk memperingatkan pejalan kaki dan pengendara sepeda yang sebaliknya tidak akan mendengar Anda datang.

Performa instan

Mobil listrik akan berakselerasi cukup cepat dari keadaan diam dibandingkan mobil bensin dan diesel. Motor listrik menghasilkan semua torsi (daya tarik) secara instan, sehingga EV sangat responsif jika Anda menginjak pedal gas. Mesin bensin atau diesel, sebagai perbandingan, perlu ditingkatkan ke jangkauan kerja optimalnya, itulah sebabnya Anda selalu mengganti persneling ke atas dan ke bawah agar tetap berada di zona yang tepat.

Sebuah EV tidak memiliki gearbox tradisional, jadi semakin Anda menekan pedal gas, semakin cepat putaran mesin dan semakin cepat putaran roda.

Kendarai EV Anda dengan cara ini dan Anda tidak akan mengalami masalah apa pun – tetapi Anda juga tidak akan mendapatkan yang terbaik darinya, dan Anda tidak akan mendekati kisaran antara kutipan produsen pengisi daya baterai. Ya, kita semua tahu bahwa di dunia nyata Anda tidak akan mencapai jarak yang disebutkan dalam brosur mengkilap sebelum Anda harus mencolokkannya (seperti halnya mobil bensin hampir tidak pernah mendekati angka mpg yang diklaim), tetapi Anda bisa mendapatkan jauh lebih dekat ke angka resmi hanya dengan melakukan beberapa hal sederhana dan mengubah beberapa cara Anda mengemudi.

BACA JUGA  Tips Menjaga Kesehatan Usus Agar Terhindar dari Penyakit Berisiko, Apa Saja?

(kembali) menghasilkan mil

Kata kunci di sini adalah regenerasi (dikenal sebagai regen). Meskipun mungkin terdengar seperti frasa yang diambil dari episode Star Trek, itu sebenarnya adalah bagian penting dari desain kendaraan listrik (dan hibrida).

Hal yang cerdas tentang motor listrik adalah bahwa ia bekerja dengan dua cara. Lewatkan listrik melaluinya dan itu akan berputar untuk menghasilkan propulsi, yang menggerakkan roda Anda. Tetapi jika Anda membalikkan prosesnya, menggunakan momentum mobil yang bergerak (energi kinetik) untuk memutar motor, itu akan menghasilkan listriknya sendiri yang kemudian dikirim ke baterai.

Hampir semua mobil listrik (dan hibrida/hibrida plug-in) menghasilkan energi setiap saat saat tidak berakselerasi – jadi setiap kali Anda lepas landas dan meluncur ke arah lampu lalu lintas berikutnya, atau saat Anda menginjak rem. Bagaimana Anda dapat menggunakan fitur ini dapat secara signifikan mempengaruhi jangkauan Anda – itu hanya akan menambahkan sejumlah kecil listrik setiap kali, tetapi menambahkan waktu tersebut dan itu berarti Anda harus mencolokkan lebih jarang.

Kunci untuk memaksimalkan regenerasi ini adalah gaya berkendara yang mulus. Alih-alih berakselerasi berat dan kemudian mengerem berat, Anda berakselerasi ke kecepatan yang diinginkan dengan mulus dan kemudian meluncur bila memungkinkan, seperti saat menuruni bukit. Ini tidak hanya akan membuang lebih sedikit listrik untuk memulai, tetapi juga akan membantu proses regenerasi untuk memulihkan sedikit listrik yang telah Anda gunakan. Sebagai bonus, itu juga lebih baik untuk mobil Anda karena tidak mengerem begitu cepat.

Mengemudi dengan satu pedal

Sebagian besar EV memungkinkan Anda meningkatkan jumlah regenerasi. Model yang lebih murah cenderung memiliki tombol eco atau ‘regen’ sederhana – tekan ini dan segera setelah Anda melepas pedal gas, Anda akan merasakan mobil melambat, seperti Anda sedang mengerem. Hal ini disebabkan oleh peningkatan gesekan putaran motor dan regenerasi lebih banyak listrik.

BACA JUGA  Tips Cerdas Memulai Bisnis Makanan Camilan bagi Pemula

Setelah Anda terbiasa dengan ini, Anda dapat mengendarai mobil dengan cara yang hampir ‘pedal tunggal’, menggunakan regenerasi untuk memperlambat mobil di sebagian besar situasi mengemudi. Anda hanya benar-benar perlu menggunakan rem untuk benar-benar menghentikan mobil atau dalam situasi darurat di mana diperlukan perlambatan yang lebih cepat.

EV yang lebih mahal memiliki regenerasi multi-level, sering kali dipilih dari dayung roda kemudi. Ini memungkinkan Anda untuk mengatur tingkat regenerasi yang lebih tepat sesuai dengan jenis jalan yang Anda lalui. Sementara regen penuh (di mana mobil melambat secara signifikan setiap kali Anda melepas pedal gas) baik-baik saja di sekitar kota yang sibuk, ketika dengan kecepatan di jalan raya Anda tidak ingin melepas pedal dan mulai tiba-tiba melambat – lebih baik memilih tingkat yang lebih rendah yang memungkinkan mobil meluncur dan mempertahankan kecepatan yang wajar.

Banyak faktor yang mempengaruhi kegunaan rem regeneratif tetapi lingkungan mengemudi adalah yang paling signifikan. Beberapa tahun yang lalu, penulis Anda menguji jalan Volkswagen e-Golf listrik pada dua rute 45 menit, yang pertama melibatkan bentangan jalan raya dan yang kedua lingkungan perkotaan Bicester yang berhenti-mulai secara konstan. Setelah yang pertama, jarak tempuh mobil turun seperti yang diharapkan – saat menyelesaikan yang kedua sebenarnya memiliki jangkauan yang lebih ditunjukkan daripada yang ada saat berangkat, semata-mata karena energi regeneratif yang dihasilkan saat melambat untuk persimpangan dan lampu lalu lintas.

Syarat dan ketentuan

Salah satu cara yang berguna untuk meningkatkan jangkauan mengemudi Anda di EV adalah dengan apa yang disebut pre-conditioning.

Mayoritas EV saat ini ditautkan ke aplikasi yang Anda unduh untuk ponsel cerdas Anda dan ada baiknya untuk mengetahuinya. Ini dapat digunakan untuk berbagai hal seperti memuat perjalanan ke navigasi mobil dan mencari tahu di mana stasiun pengisian daya tersedia, tetapi mungkin yang paling berguna adalah berbagai hal yang dapat Anda atur untuk dilakukan mobil bahkan sebelum Anda masuk ke dalamnya di pagi hari.

BACA JUGA  Tips Aman Agar Belanja Online Nyaman

Melalui aplikasi ini Anda dapat ‘memprakondisikan’ mobil untuk perjalanan Anda bahkan sebelum Anda melangkah keluar dari pintu depan Anda. Ini termasuk memanaskan atau mendinginkan interior ke suhu pilihan Anda, menyalakan kursi berpemanas Anda dan semacamnya, sehingga sangat siap untuk Anda saat Anda masuk ke dalamnya.

Saat mobil Anda dicolokkan ke titik pengisian daya di jalan masuk atau tempat parkir kerja Anda, itu berarti pemanas atau AC Anda menggunakan listrik dari catu daya dan bukan dari baterai Anda. Itu menghemat Anda menggunakan pasokan baterai penting untuk memanaskan atau mendinginkan mobil setelah Anda bergerak, membantu memaksimalkan jangkauan baterai Anda.

Pra-kondisi juga baik untuk baterai mobil Anda. Baterai lithium-ion yang digunakan dalam EV bekerja paling baik pada kisaran suhu optimal, yang berarti Anda biasanya mendapatkan jarak mengemudi yang lebih sedikit di tengah musim dingin daripada di tengah musim panas. Saat Anda mengatur program pra-kondisi di aplikasi ponsel cerdas Anda, itu tidak hanya menghangatkan kabin untuk keuntungan Anda, tetapi juga menghangatkan baterai sehingga berada pada suhu ideal sebelum Anda memulai. Ini memberi Anda lebih banyak jangkauan dan juga membantu melindungi baterai dalam jangka panjang kepemilikan Anda.

Faktor lain

Ada beberapa hal lagi yang perlu dipertimbangkan untuk menjadikan hidup dengan EV pengalaman yang benar-benar menyenangkan – tidak ada yang penting tetapi semuanya berguna.

Setelah Anda bepergian, setiap item listrik yang diaktifkan di dalam mobil akan menghabiskan baterai dan memengaruhi jarak tempuh Anda. Jadi matikan kursi berpemanas segera setelah Anda cukup hangat dan hemat dengan AC jika praktis.

Ada hal-hal lain yang dapat Anda lakukan untuk menjaga jangkauan EV Anda sebaik mungkin, tetapi hal itu mencerminkan apa yang harus Anda lakukan di mobil bensin atau diesel untuk mencegah pemborosan bahan bakar, seperti memastikan ban Anda berada pada tekanan optimal, dan tidak meninggalkan banyak bahan bakar. barang-barang berat di bagasi Anda untuk dibawa-bawa di setiap perjalanan.

Jadi ya, mengendarai mobil listrik tidak harus berbeda dengan mengendarai jenis kendaraan lainnya – tetapi ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan yang terbaik darinya.

a