• Fri. Jul 19th, 2024

Kapan Subsidi Sepeda Motor Listrik Berlaku? Jenis Merk Motor Listrik

BySudiati

Mar 21, 2023

Ayovacsindinkeskdi.id – Banyak yang bertanya kapan subsidi motor listrik sah? Subsidi sepeda motor listrik Indonesia rencananya akan diberikan mulai bulan ini.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyatakan, pemerintah telah mematangkan kebijakan tersebut. Menko Kemaritiman menambahkan, kebijakan pemerintah kemungkinan akan diumumkan pada awal Februari.

Akhir-akhir ini dunia otomotif seakan dikejutkan dengan perkembangan pesat dengan hadirnya kendaraan non BBM yang dapat menjadi pilihan masyarakat khususnya Indonesia untuk mengurangi tingkat polusi yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini.

Mobil listrik dan sepeda motor listrik menjadi daya tarik tersendiri untuk menekan pengeluaran terutama untuk bahan bakar dan juga untuk perawatan kendaraan ini yang terbilang minim biaya.

Pemerintah juga telah mengumumkan kebijakan subsidi kendaraan listrik, khususnya untuk pembelian sepeda motor listrik, dengan tujuan kebijakan yang diumumkan tersebut agar ekosistem kendaraan listrik berkembang di tanah air dengan harga yang kompetitif.

Dalam waktu dekat, pemerintah berencana mengumumkan kebijakan subsidi kendaraan listrik. Selain itu, pemerintah juga akan mengumumkan daftar kendaraan listrik yang dipastikan mendapat subsidi.

Sepeda motor listrik rencananya akan mendapat subsidi sebesar Rp 7 juta. Namun, tidak semua jenis sepeda motor listrik mendapat subsidi.

Hanya sedikit merek sepeda motor listrik yang mendapat subsidi karena ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, salah satunya harus diproduksi di Indonesia. Untuk mengetahui merek sepeda motor listrik mana saja yang mendapat subsidi, simak pembahasannya di bawah ini.

Rp. Subsidi Sepeda Motor Listrik 7 Juta untuk Beberapa Merk

Berikut beberapa merk sepeda motor listrik yang akan mendapatkan subsidi sepeda motor listrik sebesar Rp 7 juta dari pemerintah:

  • serikat
  • Viar
  • Sikap
  • Niu
  • Segways
  • Alva
  • Politron
  • Uwinfly
  • Selis

Merk, spesifikasi, dan harga sepeda motor listrik di Indonesia juga semakin beragam karena persaingan dianggap memberikan alternatif pilihan bagi masyarakat Indonesia.

Tidak main-main, hingga saat ini sudah ada 15 merek kendaraan listrik khususnya sepeda motor listrik yang bisa dibeli masyarakat sebagai alternatif di tengah kenaikan harga BBM bersubsidi di Indonesia.

Merek Sepeda Motor Listrik Favorit

Ilustrasi. (Liputan6.com)

Berdasarkan survey sebelumnya, motor listrik yang paling diminati adalah United Motor yang berhasil menggaet konsumen motor listrik tipe T-1800 yang mampu menempuh jarak hingga 130 km dalam sekali pengisian baterai penuh.

Untuk harganya sendiri, tipe T-1800 dari United Motor dibanderol Rp 27,5 juta dengan satu baterai.

Disusul dengan motor listrik Viar, menurut survei yang dilakukan, motor listrik ini sudah sering digunakan sebagai armada jasa transportasi online dalam satu tahun terakhir.

Dengan spesifikasi motor listrik ini mampu menempuh jarak 60 kilometer sekali isi baterai selama 4-5 jam hingga terisi penuh, untuk itu Viar dibanderol Rp 18 jutaan.

Posisi terakhir ditempati motor listrik merek Gesits, motor listrik ini mampu menempuh jarak sejauh 50 kilometer dengan sekali baterai. S

Sedangkan untuk motor listrik dual battery merek Gesits ini mampu menempuh jarak sejauh 100 kilometer dalam sekali pengisian hingga terisi penuh selama 3-4 jam. Gesits dibandrol dengan harga Rp 28 juta.

Namun dari banyaknya minat dan minat masyarakat Indonesia untuk membeli kendaraan khususnya sepeda motor listrik. Masyarakat Indonesia dan konsumen sepeda motor listrik masih ragu karena minimnya fasilitas pengisian listrik umum (SPKLU) dan tempat penukaran baterai umum (SPBKLU) di Indonesia.

Hal ini mungkin menjadi perhatian utama terutama bagi perusahaan, maupun pemerintah untuk mendorong tersedianya fasilitas charging atau tukar baterai agar persentase pembelian kendaraan listrik khususnya sepeda motor listrik di Indonesia semakin meningkat.

Pemerintah juga harus berperan untuk ke depan dalam mewujudkan Indonesia bebas dari polusi yang diakibatkan oleh transportasi umum dan kendaraan pribadi yang masih berbahan bakar minyak.

Oleh karena itu, kendaraan listrik khususnya sepeda motor listrik dapat menjadi solusi agar Indonesia terhindar dari banyaknya polusi yang diakibatkan oleh karbon monoksida dari emisi gas buang kendaraan yang masih menggunakan bahan bakar minyak (BBM).

Masyarakat Indonesia juga harus terus membantu pemerintah agar sadar bahwa kendaraan listrik setidaknya bisa mengatasi polusi yang terjadi di negara kita.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk membeli motor listrik di masa depan? Demikian penjelasan kapan subsidi sepeda motor listrik diterapkan. Semoga membantu.

Baca juga:

By Sudiati