• Tue. Jul 16th, 2024

Pendidikan Jasmani Merupakan Bagian Yang Tidak Terpisahkan Dari Pendidikan Pada Umumnya Yang Mempengaruhi Potensi Peserta Didik Dalam Hal Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Melalui Aktivitas Jasmani. Pada Prinsipnya Pendidikan Jasmani Adalah?

BySudiati

May 29, 2023

Pendidikan jasmani merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan pada umumnya yang mempengaruhi potensi peserta didik dalam hal kognitif, afektif, dan psikomotor melalui aktivitas jasmani. Pada prinsipnya pendidikan jasmani adalah?

  1. pendidikan tentang aktivitas jasmani dan keolahragaan yang dilakukan atas dasar kecintaan atau kegemaran berolahraga melalui permainan
  2. pendidikan yang dilakukan oleh masyarakat dengan kegemaran dan kemampuan yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan kondisi dan nilai budaya
  3. pendidikan melalui aktivitas jasmani untuk meningkatkan individu secara organic, neuromuskuler, perseptual, kognitif dan emosional
  4. aktivitas pendidikan yang dilakukan oleh guru untuk membina dan mengembangkan peserta didik secara terencana benjenjang dan berkelanjutan
  5. aktivitas pendidikan yang dilakukan dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik yang bertujuan untuk memanfaatkan waktu luang

Jawaban yang benar adalah: C. pendidikan melalui aktivitas jasmani untuk meningkatkan individu secara organic, neuromuskuler, perseptual, kognitif dan emosional.

Dilansir dari Ensiklopedia, pendidikan jasmani merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan pada umumnya yang mempengaruhi potensi peserta didik dalam hal kognitif, afektif, dan psikomotor melalui aktivitas jasmani. pada prinsipnya pendidikan jasmani adalah pendidikan melalui aktivitas jasmani untuk meningkatkan individu secara organic, neuromuskuler, perseptual, kognitif dan emosional.

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban A. pendidikan tentang aktivitas jasmani dan keolahragaan yang dilakukan atas dasar kecintaan atau kegemaran berolahraga melalui permainan adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban B. pendidikan yang dilakukan oleh masyarakat dengan kegemaran dan kemampuan yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan kondisi dan nilai budaya adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Menurut saya jawaban C. pendidikan melalui aktivitas jasmani untuk meningkatkan individu secara organic, neuromuskuler, perseptual, kognitif dan emosional adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Menurut saya jawaban D. aktivitas pendidikan yang dilakukan oleh guru untuk membina dan mengembangkan peserta didik secara terencana benjenjang dan berkelanjutan adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Menurut saya jawaban E. aktivitas pendidikan yang dilakukan dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik yang bertujuan untuk memanfaatkan waktu luang adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah C. pendidikan melalui aktivitas jasmani untuk meningkatkan individu secara organic, neuromuskuler, perseptual, kognitif dan emosional.

Jika anda masih punya pertanyaan lain atau ingin menanyakan sesuatu bisa tulis di kolom kometar dibawah.

By Sudiati