• Tue. Jul 16th, 2024

Perbedaan antara Tahun Baru Imlek & Tahun Baru Imlek

BySudiati

May 2, 2023

Ayovacsindinkeskdi.id – CNY artinya Apa? Kata CNY banyak bermunculan menjelang Hari Tahun Baru Imlek. Apa yang dimaksud dengan CNY? Simak penjelasannya di artikel ini.

Belum lama ini, seluruh penganut agama Konghucu di Indonesia merayakan Tahun Baru Imlek atau Hari Tahun Baru Imlek yang jatuh pada Minggu, 22 Januari 2023.

Kemeriahan Imlek 2023 kali ini sangat terlihat. Pasalnya, masyarakat bisa menyaksikan atraksi hiburan khusus perayaan ini setelah dua tahun tak bisa merayakan Imlek dengan meriah, akibat pandemi Covid-19.

Perayaan Imlek adalah perayaan tahun baru dalam penanggalan Imlek yang didasarkan pada sistem bulan atau peredaran bulan yang berkaitan dengan pesta penyambutan musim semi atau disebut juga Sin Cia.

Perayaan Imlek di Indonesia biasanya dirayakan oleh masyarakat Tionghoa atau Khonghucu. Tradisi perayaan Imlek diketahui telah ada sejak ribuan tahun yang lalu.

Tradisi CNY Apa Artinya masuk ke Indonesia melalui komunitas Tionghoa dari Tiongkok ketika mereka bermigrasi ke Indonesia.

Ada perayaan massal Tahun Baru Imlek, yang tidak bisa dirayakan secara terbuka di Indonesia, dan telah ditetapkan sebagai hari keagamaan.

Sekarang berita perayaan tersebut telah menjadi hari libur nasional yang kini selalu diperingati setiap tahun.

Baca juga:

CNY Apa Artinya? Singkatan dari Tahun Baru Imlek

Ilustrasi. Lihat apa itu CNY, apa itu CNY, apa itu CNY. (Unsplash.com)

Perayaan Imlek 2023 terlihat sangat meriah dibanding tahun sebelumnya. Kemeriahan perayaan ini dirasakan oleh masyarakat yang tidak mengikuti perayaan ini.

Di media sosial, banyak netizen juga mengucapkan selamat tahun baru Imlek. Dan menyematkan doa-doa terbaik di tahun kelinci ini.

Ucapan imlek pun bermacam-macam, dari ‘Happy Chinese New Year’ hingga ‘Happy CNY’. Kamu tahu CNY Apa Artinya dalam kalimat pengucapan Tahun Baru Imlek?

Meski masyarakat Tionghoa merayakan Imlek, ternyata masih ada saja yang belum mengetahui arti kata CNY.

Kata CNY adalah singkatan dari Chinese New Year yang artinya CNY adalah Tahun Baru Imlek.

Selain kata Tahun Baru Imlek, banyak juga orang yang menyebut Imlek sebagai Tahun Baru Imlek.

Apakah Tahun Baru Imlek dan Tahun Baru Imlek memiliki arti yang sama? Ternyata kedua ucapan Imlek tersebut memiliki perbedaan. Simak penjelasannya di bawah ini.

Perbedaan Tahun Baru Imlek dan Tahun Baru Imlek

Arti kata CNY atau Imlek mengacu pada istilah yang lebih spesifik. CNY adalah acara tahun baru ketika budaya dan tradisi Cina (Tionghoa) dirayakan.

Sedangkan Imlek adalah istilah yang lebih umum. Istilah ini mencakup semua perayaan yang menandai tahun baru dalam kalender lunar.

Di luar China, Tahun Baru Imlek dikenal sebagai Tahun Baru Imlek dan tidak dianggap ofensif atau sensitif.

Karena mereka mengabaikan budaya lain, yang semuanya memiliki kepercayaan, tradisi, dan perayaan yang unik.

Baca juga:

Tahun Baru Imlek dan Tahun Baru Imlek sering digunakan secara sinonim dan mengacu pada hal yang sama. Padahal keduanya tidak persis sama.

Tahun Baru Imlek sering digunakan di negara lain. Sedangkan negara-negara di luar China seperti Vietnam memiliki sebutan tersendiri untuk Imlek yaitu Tet. Sedangkan dalam bahasa Korea yaitu Seollal.

Makna dan Makna Perayaan Tahun Baru Imlek di Negara-Negara Asia

Tahun Baru Imlek tidak hanya dirayakan di Indonesia dan Tiongkok, tetapi juga di Korea, Vietnam, Malaysia, dan Singapura.

Tradisi perayaan Imlek ini terkadang berbeda dengan negara lain, sesuai dengan identitas budaya masing-masing negara.

Di Tiongkok, Tahun Baru Imlek disebut Chūnjié, yaitu Tahun Baru Imlek atau Festival Musim Semi.

Perayaan CNY Apa Artinya penting untuk memulai tanda baru pada siklus 12 tahun zodiak hewan Cina.

Kegiatan yang sangat populer pada perayaan ini adalah menyalakan lampion dan bait Festival Musim Semi.

Kemudian makan malam penuh dengan makanan keberuntungan dan berkah. Menyalakan petasan dan kembang api, juga memberikan angpau atau amplop merah.

Sementara di Vietnam, Tahun Baru Imlek dikenal sebagai Tahun Baru Vietnam atau Tết.

Zodiak hewan Vietnam termasuk kucing, tetapi bukan kerbau, kelinci, atau sapi. Selama perayaan ini, orang Vietnam memiliki kue tradisionalnya sendiri, bánh chưng.

Orang Vietnam juga akan mendekorasi rumah mereka dengan hoađào atau pohon bunga persik atau hoamai bunga kuning Mai.

Sedangkan di Korea, Tahun Baru Imlek disebut Seollal. Pada perayaan ini banyak warga Korea yang memakai pakaian tradisional Korea yaitu hanbok.

Selain menyembah sesepuh, melakukan ritual leluhur, dan makan makanan tradisional seperti tteokguk yaitu sop berisi irisan lontong dan jeon atau pancake.

Baca juga;

Akhir kata

Korea, Vietnam, dan Jepang biasanya merayakan Imlek pada waktu yang sama atau hampir bersamaan.

Namun, ada beberapa negara atau budaya lain yang menggunakan kalender lunar mereka sendiri. Dan Tahun Baru jatuh pada waktu yang berbeda.

Dalam kalender Islam, kalender lunar Mongolia, kalender Yahudi, semuanya memiliki siklus dan bulan yang berbeda.

Oleh karena itu, perayaan Imlek setiap negara jatuh pada tanggal yang berbeda.

Demikian penjelasannya CNY artinya apa, serta perbedaan makna CNY atau Imlek dan Tahun Baru Imlek. Semoga membantu.

By Sudiati