• Mon. Jul 15th, 2024

Satu Kebijakan Kolonialis Belanda Di Indonesia Adalah Membentuk Kongsi Dagang Belanda Yaitu VOC. Kebijakan Belanda Tersebut Bertujuan Untuk?

BySudiati

May 3, 2023

Satu kebijakan kolonialis Belanda di Indonesia adalah membentuk kongsi dagang Belanda yaitu VOC. Kebijakan Belanda tersebut bertujuan untuk?

  1. membantu pemerintah Belanda dalam melipatgandakan keuntungan
  2. bentuk antisipasi semakin kuatnya kekuasaan pemerintah Belanda
  3. menguasai raja-raja yang berkuasa secara politik dan ekonomi
  4. menghindari daya saing antar pedagang Belanda
  5. untuk mengusir pedagang-pedagang asing di Indonesia

Jawaban yang benar adalah: D. menghindari daya saing antar pedagang Belanda.

Dilansir dari Ensiklopedia, satu kebijakan kolonialis belanda di indonesia adalah membentuk kongsi dagang belanda yaitu voc. kebijakan belanda tersebut bertujuan untuk menghindari daya saing antar pedagang Belanda.

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban A. membantu pemerintah Belanda dalam melipatgandakan keuntungan adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban B. bentuk antisipasi semakin kuatnya kekuasaan pemerintah Belanda adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Menurut saya jawaban C. menguasai raja-raja yang berkuasa secara politik dan ekonomi adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Menurut saya jawaban D. menghindari daya saing antar pedagang Belanda adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Menurut saya jawaban E. untuk mengusir pedagang-pedagang asing di Indonesia adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah D. menghindari daya saing antar pedagang Belanda.

Jika anda masih punya pertanyaan lain atau ingin menanyakan sesuatu bisa tulis di kolom kometar dibawah.

By Sudiati