• Mon. Jul 15th, 2024

Setelah Rasulullah Saw. Dan Para Sahabatnya Yang Berjumlah Sekitar 10.000 Orang Berhasil Memasuki Kota Makkah Dengan Aman, Maka Rasulullah Saw. Memimpin Pembenahan Kota Makkah. Dalam Melakukan Pembenahan Di Kota Makkah, Rasulullah Saw. Bersikap Santun. Hal Ini Ditunjukkan Oleh: Pertama, Rasulullah Saw. Memberikan Maaf (amnesti) Kepada Penduduk Makkah Yang Selama Ini Memusuhi Islam. Kedua, Rasulullah Saw. Membersihkan Ka’bah Dari Gambar Dan Berhala. Ketiga, Rasulullah Saw. Menyampaikan Dakwah Secara Damai. Melihat Sikap Mulia Rasulullah Saw. Dan Para Sahabatnya Yang Menjunjung Tinggi Perdamaian Ini, Penduduk Makkah Banyak Yang Bersimpati Dan Masuk Islam. Padahal, Kebiasaan Masyarakat Jahiliah, Jika Memenangkan Suatu Kota, Penduduk Yang Laki-laki Dibunuh Dan Penduduk Yang Wanita Serta Anak-anak Dijadikan Budak. Cara Rasulullah Saw Menjaga Perdamaian Dalam Peristiwa Fathu Makkah Adalah?

BySudiati

Mar 20, 2023

Setelah Rasulullah Saw. dan para sahabatnya yang berjumlah sekitar 10.000 orang berhasil memasuki kota Makkah dengan aman, maka Rasulullah Saw. memimpin pembenahan kota Makkah. Dalam melakukan pembenahan di Kota Makkah, Rasulullah Saw. bersikap santun. Hal ini ditunjukkan oleh: Pertama, Rasulullah Saw. memberikan maaf (amnesti) kepada penduduk Makkah yang selama ini memusuhi Islam. Kedua, Rasulullah Saw. membersihkan Ka’bah dari gambar dan berhala. Ketiga, Rasulullah Saw. menyampaikan dakwah secara damai. Melihat sikap mulia Rasulullah Saw. dan para sahabatnya yang menjunjung tinggi perdamaian ini, penduduk Makkah banyak yang bersimpati dan masuk Islam. Padahal, kebiasaan masyarakat jahiliah, jika memenangkan suatu kota, penduduk yang laki-laki dibunuh dan penduduk yang wanita serta anak-anak dijadikan budak. cara Rasulullah Saw menjaga perdamaian dalam peristiwa Fathu Makkah adalah?

  1. Memberi maaf, tidak balas dendam, menghancurkan ka’bah
  2. Memberi maaf, balas dendam, menghancurkan berhala di sekitar ka’bah
  3. Memberi maaf, balas dendam, menghancurkan berhala di sekitar ka’bah
  4. Memberi maaf, tidak balas dendam, menghancurkan berhala di sekitar ka’bah
  5. Semua jawaban benar

Jawaban yang benar adalah: D. Memberi maaf, tidak balas dendam, menghancurkan berhala di sekitar ka’bah.

Dilansir dari Ensiklopedia, setelah rasulullah saw. dan para sahabatnya yang berjumlah sekitar 10.000 orang berhasil memasuki kota makkah dengan aman, maka rasulullah saw. memimpin pembenahan kota makkah. dalam melakukan pembenahan di kota makkah, rasulullah saw. bersikap santun. hal ini ditunjukkan oleh: pertama, rasulullah saw. memberikan maaf (amnesti) kepada penduduk makkah yang selama ini memusuhi islam. kedua, rasulullah saw. membersihkan ka’bah dari gambar dan berhala. ketiga, rasulullah saw. menyampaikan dakwah secara damai. melihat sikap mulia rasulullah saw. dan para sahabatnya yang menjunjung tinggi perdamaian ini, penduduk makkah banyak yang bersimpati dan masuk islam. padahal, kebiasaan masyarakat jahiliah, jika memenangkan suatu kota, penduduk yang laki-laki dibunuh dan penduduk yang wanita serta anak-anak dijadikan budak. cara rasulullah saw menjaga perdamaian dalam peristiwa fathu makkah adalah Memberi maaf, tidak balas dendam, menghancurkan berhala di sekitar ka’bah.

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban A. Memberi maaf, tidak balas dendam, menghancurkan ka’bah adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban B. Memberi maaf, balas dendam, menghancurkan berhala di sekitar ka’bah adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Menurut saya jawaban C. Memberi maaf, balas dendam, menghancurkan berhala di sekitar ka’bah adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Menurut saya jawaban D. Memberi maaf, tidak balas dendam, menghancurkan berhala di sekitar ka’bah adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Menurut saya jawaban E. Semua jawaban benar adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah D. Memberi maaf, tidak balas dendam, menghancurkan berhala di sekitar ka’bah.

Jika anda masih punya pertanyaan lain atau ingin menanyakan sesuatu bisa tulis di kolom kometar dibawah.

By Sudiati