• Mon. Jul 15th, 2024

Setiap Pagi, Siang, Sore Dan Malam Hari Stasiun TV Tak Henti-hentinya Menayangkan Berbagai Acara, Dari Yang Ringan Seperti Film Kartun Sampai Dengan Acara Yang Menyuguhkan Perilaku Kekerasan. Tanpa Cukup Kontrol Dari Orang Tua, Suguhan Acara Seperti Ini Bisa Dinikmati Anak-anak Sehingga Bisa Berpengaruh Pada Kepribadiannya. Dari Wacana Ini Diketahui Bahwa Media Massa Adalah Agen Sosialisasi Yang Sangat Berpengaruh Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak Karena?

BySudiati

May 23, 2023

Setiap pagi, siang, sore dan malam hari stasiun TV tak henti-hentinya menayangkan berbagai acara, dari yang ringan seperti film kartun sampai dengan acara yang menyuguhkan perilaku kekerasan. Tanpa cukup kontrol dari orang tua, suguhan acara seperti ini bisa dinikmati anak-anak sehingga bisa berpengaruh pada kepribadiannya. Dari wacana ini diketahui bahwa media massa adalah agen sosialisasi yang sangat berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian anak karena?

  1. menayangkan pesan-pesan pembelajaran bagi anak yang sedang mengalam perkembangan jiwa
  2. dengan tayangan-tayangan acara yang memikat, media massa telah ikut andil dalam pembentukan kepribadian anak
  3. media massa terutama TV merupakan media sosialisasi primer yang mendominasi pembentukan kepribadian anak
  4. media massa menyampaikan pesan dan tidak pernah menyeleksi acara yang akan ditayangankan
  5. media massa merupakan mitra yang baik dalam menjembatani pembentukan kepribadian anak

Jawaban yang benar adalah: E. media massa merupakan mitra yang baik dalam menjembatani pembentukan kepribadian anak.

Dilansir dari Ensiklopedia, setiap pagi, siang, sore dan malam hari stasiun tv tak henti-hentinya menayangkan berbagai acara, dari yang ringan seperti film kartun sampai dengan acara yang menyuguhkan perilaku kekerasan. tanpa cukup kontrol dari orang tua, suguhan acara seperti ini bisa dinikmati anak-anak sehingga bisa berpengaruh pada kepribadiannya. dari wacana ini diketahui bahwa media massa adalah agen sosialisasi yang sangat berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian anak karena media massa merupakan mitra yang baik dalam menjembatani pembentukan kepribadian anak.

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban A. menayangkan pesan-pesan pembelajaran bagi anak yang sedang mengalam perkembangan jiwa adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban B. dengan tayangan-tayangan acara yang memikat, media massa telah ikut andil dalam pembentukan kepribadian anak adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Menurut saya jawaban C. media massa terutama TV merupakan media sosialisasi primer yang mendominasi pembentukan kepribadian anak adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Menurut saya jawaban D. media massa menyampaikan pesan dan tidak pernah menyeleksi acara yang akan ditayangankan adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Menurut saya jawaban E. media massa merupakan mitra yang baik dalam menjembatani pembentukan kepribadian anak adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah E. media massa merupakan mitra yang baik dalam menjembatani pembentukan kepribadian anak.

Jika anda masih punya pertanyaan lain atau ingin menanyakan sesuatu bisa tulis di kolom kometar dibawah.

By Sudiati