• Mon. Jul 15th, 2024

Syarat Wajib Haji dan Umroh bagi yang melaksanakannya!

BySudiati

Mar 17, 2023

Ayovacsindinkeskdi.id – Haji adalah salah satu ibadah dalam Islam. Tentu saja rukun Islam yang kelima ini merupakan salah satu ibadah yang banyak dilakukan oleh orang-orang. Namun tentu saja tidak semua umat Islam memiliki kesempatan yang sama untuk menunaikan ibadah haji. Meski begitu, jika haji mampu, maka harus mampu melaksanakannya. Adapun untuk menunaikan ibadah haji, ada syarat-syarat wajib haji yang harus diikuti agar hadiahnya menjadi sah.

Tentunya selain syarat wajib, ada juga rukun dan hal lain yang perlu diikuti agar ibadah haji bisa khusyuk dan diterima oleh Allah. Nah artikel ini akan memberikan berita mengenai syarat-syarat wajib haji dan juga beberapa hal penting yang harus diikuti saat melaksanakan ibadah haji. Berikut penjelasan lengkap mengenai syarat-syarat wajib haji.

Syarat Wajib Haji dan Umroh Bagi Orang Yang Melaksanakannya

Haji merupakan salah satu ibadah yang menjadi tiang utama bagi umat Islam. Haji sendiri merupakan bagian dari rukun ke-5 dari rukun Islam yang ada. Tentunya setelah shalat zakat, puasa haji menjadi salah satu ibadah yang penting.

Namun tentunya ziarah ini merupakan salah satu amalan ibadah yang tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama. Hal ini dikarenakan memang untuk menunaikan ibadah haji membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena jarak dan juga waktu tempuh yang cukup jauh.

Meski sudah banyak transportasi dan juga berbagai kemudahan, namun ziarah ini masih sulit untuk dilakukan. Apalagi sekarang ada sistem menunggu dimana harus menunggu beberapa tahun sebelum bisa berangkat haji.

Maka tidak dipungkiri terkadang ada orang yang meskipun telah membayar namun tidak dapat menjalankan ibadahnya karena satu dan lain hal. Waktu tunggu haji ini karena banyak orang yang berkeinginan untuk menunaikan ibadah haji namun kuota yang diberikan oleh pemerintah Arab Saudi kecil.

Sehingga kekuatan yang diberikan tidak menutupi kebutuhan haji di Indonesia. Inilah yang mempersulit menunaikan ibadah haji karena waktu tunggu. Walaupun pemerintah telah mencoba berbagai cara dan juga bernegosiasi dengan pemerintah Arab, masalah ini tetap tidak dapat diselesaikan 100%.

Oleh karena itu, jika Anda membaca tentang pergi haji, akan lebih baik jika Anda mengetahui syarat-syarat haji. Hal ini agar ibadah menjadi khusyuk dan juga bisa diterima oleh Allah. Mengingat besarnya perjuangan yang ada untuk menunaikan ibadah haji.

Tentu penting bagi jamaah untuk mengetahui syarat-syarat wajib haji. Haji sendiri merupakan ibadah yang dilaksanakan pada bulan 1 Dzulhijjah. Karena sebentar lagi bulan haji, ada baiknya jika anda sudah mengetahui dan juga memahami betul syarat-syarat yang wajib haji.

Syarat Wajib Haji yang Harus Dipenuhi

Syarat Wajib Haji yang Harus Dipenuhi

Sebenarnya syarat wajib haji adalah syarat yang harus ada pada seseorang jika ingin menunaikan ibadah haji. Jika seseorang telah memenuhi syarat wajib haji ini, maka orang tersebut boleh menunaikan ibadah haji.

Lalu apa bedanya dengan harmoni? Untuk rukun sendiri, rukun haji merupakan syarat yang harus dipenuhi oleh jamaah agar hajinya menjadi sah. Saat menunaikan ibadah haji, insya Allah haji menjadi sah.

Namun, sebelum mengikuti syarat rukun haji, jamaah harus mengetahui terlebih dahulu apa saja syarat wajibnya agar bisa menunaikan ibadah haji. Dengan demikian, jika syarat wajib haji terpenuhi, seseorang berhak menunaikan ibadah haji. Adapun syarat-syarat haji wajib terdiri dari 5. Berikut penjelasan syarat-syarat haji wajib.

agama Islam

Tentunya untuk menunaikan ibadah haji harus beragama Islam terlebih dahulu. Haji merupakan salah satu rukun dalam rukun Islam. Jadi untuk melaksanakan ibadah ini, Anda harus terlebih dahulu menjadi Muslim untuk melaksanakannya.

Orang kafir atau orang yang mengikuti agama lain tidak harus ikut haji. Jadi hal pertama yang harus dimiliki seseorang untuk haji adalah dia adalah seorang Muslim.

Wajar

Syarat kedua selain muslim adalah orang yang ingin menunaikan ibadah haji harus cerdas atau tidak gila. Hal ini penting karena dalam menunaikan ibadah haji tentunya orang tersebut harus berangkat dari hatinya dan juga memiliki akal sehat.

Dengan nalar seseorang, tentu segala perbuatannya menjadi tanggung jawab orang tersebut. Maka penting bagi seseorang yang ingin menunaikan ibadah haji harus memiliki akal sehat atau tidak gila.

Baligh

Syarat wajib haji yang ketiga adalah baligh, baligh adalah istilah dalam Islam untuk menggambarkan orang dewasa. Sehingga ketika ingin menunaikan ibadah haji, tentunya orang tersebut harus sudah melewati masa baligh. Baligh biasanya berupa perubahan bentuk fisik menuju kedewasaan.

Tentu saja anak kecil tidak diperbolehkan menunaikan ibadah haji. Karena jatuhnya jika anak kecil menunaikan haji maka hukumnya sunnah. Maka tentunya dalam menunaikan ibadah haji harus sudah melewati usia baligh dan juga memiliki akal yang sehat.

Mandiri

Kebebasan dalam hal haji wajib adalah ketika seseorang tidak terikat oleh apapun. Jadi seseorang yang ingin menunaikan ibadah haji harus memenuhi persyaratan tersebut. Ini karena pada zaman dahulu banyak orang yang seperti budak.

Nah, biasanya akan ada ziarah dimana tuan pemilik budak membayar. Jadi kalau melaksanakan haji seperti ini, jatuhnya bukan haji wajib, melainkan sunnah saja.

Oleh karena itu jika ingin menunaikan ibadah haji seseorang harus bebas dan tidak terikat dari apapun. Di zaman sekarang ini, mungkin masih ada hal-hal seperti ini. Oleh karena itu, untuk menunaikan ibadah haji, seseorang wajib tidak menunaikan haji, bukan karena kemauannya. Melakukan haji harus atas kemauan sendiri dan juga memiliki kekuatan atas diri sendiri.

Mampu

Hal terakhir yang harus dipenuhi untuk memenuhi syarat wajib haji adalah mampu. Hal ini karena haji memang merupakan salah satu ibadah yang hanya bisa diikuti oleh orang-orang tertentu saja.

Hal ini karena memang biaya menunaikan ibadah haji tidak dimiliki oleh setiap orang. Maka untuk menunaikan ibadah haji harus oleh orang yang mampu. Sehingga jika sudah mampu menunaikan ibadah haji maka orang tersebut telah memenuhi syarat wajib dalam menunaikan ibadah haji.

Mampu melakukan ini mencakup berbagai hal. Materinya berupa uang seperti keuangan tetapi juga mampu dalam kesehatan. Jadi, jika Anda ingin menunaikan ibadah haji, tetapi sakit atau tidak enak badan karena usia, lebih baik tidak menunaikan haji karena takut akan sesuatu atau lainnya.

Namun tentunya juga harus memenuhi aspek lainnya. Yang mana dalam berhaji itu sendiri akan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Misalnya seperti keluarga atau keuangan dan juga kesehatan.

Dan semoga dengan adanya artikel syarat-syarat wajib haji ini dapat membantu anda dalam mempersiapkan hal-hal yang harus dipersiapkan, baiklah mari sampai disini dulu pembahasan kita kali ini semoga bermanfaat.

Baca artikel terkait lainnya:

By Sudiati