• Tue. Jul 16th, 2024

Cara Mudah Menyimpan Obrolan WhatsApp Tanpa Menghapus Pesan

BySudiati

May 1, 2023

BERITA GENCIL – WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan instan paling populer di dunia saat ini. Dengan fitur yang lengkap dan mudah digunakan, banyak pengguna WhatsApp yang mengandalkan aplikasi ini untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman, dan rekan kerja.

Namun, terkadang kita perlu menyimpan percakapan WhatsApp agar bisa diakses kembali di kemudian hari. Sayangnya, ketika kita ingin menyimpan percakapan tersebut, aplikasi WhatsApp biasanya akan menghapus pesan yang telah disimpan setelah beberapa waktu.

Agar percakapan penting tidak hilang, kita bisa menggunakan cara-cara berikut untuk menyimpan obrolan WhatsApp tanpa harus menghapus pesan:

  1. Tangkapan layar Cara termudah dan paling umum adalah mengambil tangkapan layar atau tangkapan layar percakapan WhatsApp. Kita bisa mengambil screenshot dengan menekan tombol power dan tombol volume down secara bersamaan. Setelah itu, kita bisa menyimpan screenshot di galeri foto.

Namun cara ini memiliki kelemahan yaitu membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup besar dan kurang efisien karena hanya dapat menangkap bagian tertentu dari percakapan.

  1. Email Kita juga bisa mengirim percakapan WhatsApp melalui email. Caranya cukup buka percakapan yang ingin disimpan, tekan ikon tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih “Lainnya” dan “Ekspor Obrolan”. Setelah itu, pilih apakah kita ingin memasukkan media (foto, video) ke dalam percakapan atau tidak. Setelah selesai, kita bisa memilih aplikasi email yang ingin kita gunakan untuk mengirim percakapan.
  2. Simpan ke Komputer Cara ini membutuhkan sedikit usaha, namun lebih efektif untuk menyimpan percakapan WhatsApp. Kita bisa menggunakan aplikasi seperti WhatsApp Web untuk membuka percakapan di komputer dan mengambil screenshot atau menyalin dan menempelkan teks ke dalam aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word atau Google Docs.

Namun, cara ini juga memiliki kekurangan yaitu membutuhkan koneksi internet dan perangkat yang bisa terhubung ke WhatsApp Web.

  1. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga Selain cara-cara di atas, kita juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Chat Backup for WhatsApp atau Text Backup for WhatsApp. Aplikasi ini bisa mengambil backup chat WhatsApp secara otomatis dan menyimpannya ke cloud storage atau memori internal ponsel.

Namun, pastikan untuk menggunakan aplikasi yang aman dan terpercaya untuk menghindari kebocoran data atau virus berbahaya.

Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk menyimpan chat WhatsApp tanpa harus menghapus pesannya. Namun, pastikan untuk memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keamanan data Anda.







By Sudiati