Tips Menjaga Kesehatan Usus Agar Terhindar dari Penyakit Berisiko, Apa Saja?

Usus adalah organ badan yang perlu untuk dijaga kesehatannya. Ini karena usus berperanan penting pada tubuh kita, hingga bisa punya pengaruh bila kita meremehkan kesehatannya.

Mikrobioma usus mempunyai peranan yang besar untuk kesehatan usus. Mikrobioma ini merujuk pada mikroorganisme yang hidup dalam organ pencernaan manusia.

Manusia mempunyai 300 sampai 500 spesies bakteri berlainan di aliran pencernaan kita. Sebagian ada mikroorganisme yang beresiko untuk badan hingga kita perlu terus mempertahankan kesehatan usus kita.

Tetapi, kamu tidak perlu cemas karena ada cara-cara yang bisa dilaksanakan untuk mempertahankan kesehatan usus kita sebagai berikut ini:

  1. Konsumsi rendah gula dan pemanis

Konsumsi banyak gula dan pemanis bikinan rupanya bisa memacu dysbiosis usus.

Dysbiosis usus ialah kesetidakimbangan jumlah mikroba dalam usus.

Di suatu study memperlihatkan jika pemanis bikinan aspartam bisa tingkatkan jumlah bakteri yang memacu metabolik.

Penyakit metabolik ini merujuk pada satu kelompok keadaan yang tingkatkan resiko diabetes dan penyakit jantung.

Ini memunjukkan jika pemakaian pemanis bikinan dapat berpengaruh negatif pada kandungan gula darah karena berpengaruh pada mikroorganisme usus.

Maknanya jika pemanis bikinan dapat tingkatkan gula darah meskipun bukan gula.

  1. Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur bisa juga memiara kesehatan jantung dan jaga berat tubuh.

Disamping itu, olahraga yang teratur bisa juga mempertahankan kesehatan usus kita dan tingkatkan mikoorganisme yang bagus untuk usus.

  1. Konsumsi makanan nabati

Pada suatu study memperlihatkan jika ada ketidaksamaan yang berarti di antara mikrobioma usus orang vegetarian dan orang yang makan daging.

Banyak konsumsi makanan dengan bahan nabati dapat menolong mempertahankan kesehatan usus karena tingkat serat prebiotik yang dikandungnya.

Pada suatu penelitiam menunjukkam jika peserta yang mempunyai tingkat resiko infeksi usus lebih rendah karena tipe mikroba usus yang berbeda, hingga berat tubuh mereka juga turun.

  1. Konsumsi probiotik dan makanan peragian
BACA JUGA  Tips Mendesain Tata Ruang Kantor Ideal

Probiotik dapat tingkatkan bakteri yang memberikan keuntungan untuk usus.

Konsumsi probiotik dapat memberikan dukungan mikrobioma usus yang sehat dan menahan berlangsungnya infeksi permasalahan usus yang lain.

Dan makanan peragian sebagai sumber probiotik alami yang bisa kamu dapatkan pada makanan seperti acar, kefir, kimchi, sup miso, tempe, tahu, tape, dan oncom.

  1. Jauhi minum antibiotik terlalu berlebih

Memakai antibiotik terlalu berlebih dapat berpengaruh jelek untuk kesehatan walaupun kerap dipakai untuk melawan infeksi bakteri.