• Mon. Jul 15th, 2024

Pertanyaan HRD yang Membantu Memilih Calon Pekerja

BySudiati

May 31, 2023

BERITA GENCIL – Dalam proses rekrutmen, tugas Human Resources Development (HRD) adalah memastikan perusahaan mendapatkan karyawan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, HRD harus memiliki keterampilan yang baik dalam mewawancarai calon pekerja dan menentukan apakah mereka cocok untuk posisi yang tersedia.

“Mengapa Anda tertarik untuk bergabung dengan perusahaan kami?”

Pertanyaan ini membantu HRD memahami motivasi dan minat calon karyawan di perusahaan. Jawaban yang baik akan menunjukkan bahwa kandidat telah melakukan penelitian terhadap perusahaan, memahami nilai dan budaya perusahaan, serta memiliki alasan yang kuat untuk bergabung.

“Kekuatan apa yang Anda miliki yang dapat Anda bawa ke perusahaan?”

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengevaluasi keterampilan dan pengalaman kandidat yang relevan dengan posisi yang ditawarkan. HRD ingin mengetahui apakah skill dan keahlian yang dimiliki oleh calon pekerja dapat memberikan kontribusi yang positif bagi perusahaan.

“Bagaimana Anda menghadapi tantangan atau konflik di tempat kerja sebelumnya?”

Pertanyaan ini membantu HRD menilai bagaimana kandidat menangani situasi sulit atau konflik dengan rekan kerja atau bos sebelumnya. Jawaban yang baik akan menunjukkan kemampuan berkomunikasi dengan baik, memecahkan masalah, dan bekerja dalam tim.

“Bagaimana Anda mengatur waktu dan mengelola proyek?”

Pertanyaan-pertanyaan ini membantu HRD menilai keterampilan organisasi dan manajemen waktu kandidat. Jawaban yang bagus akan menunjukkan bahwa kandidat memiliki kemampuan untuk menetapkan prioritas, menyelesaikan tugas tepat waktu, dan mengelola proyek secara efisien.

“Bagaimana Anda menghadapi kegagalan atau kesalahan di tempat kerja?”

Pertanyaan-pertanyaan ini membantu HRD memahami bagaimana kandidat harus menangani situasi ketika mereka melakukan kesalahan atau menghadapi kegagalan. HRD ingin melihat apakah calon karyawan memiliki kemampuan untuk belajar dari kesalahan dan beradaptasi dengan perubahan.

Pertanyaan HRD kepada calon pekerja merupakan bagian penting dalam proses rekrutmen untuk menyeleksi karyawan terbaik. Pertanyaan-pertanyaan tersebut membantu HRD memahami motivasi, keahlian, keterampilan dan kemampuan calon pekerja dalam menghadapi tantangan di tempat kerja. Dengan memilih kandidat pekerjaan yang tepat, perusahaan dapat membangun tim sukses yang akan berkontribusi pada kesuksesan organisasi.







By Sudiati